10112780
3KA08
Graf Komp. & Pengolahan Citra
- Penjelasan mengenai Ilmu Graf Komputer dan Ilmu Pengolahan Citra
Sebelum membahas mengenai penerapan Ilmu Graf Komputer
dan Ilmu Pengolahan Citra lebih lanjut, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu
apa itu Ilmu Graf Komputer dan apa itu Ilmu Pengolahan Citra. Perlu kita ketahui bahwa dalam kehidupan manusia sehari-hari tidak terlepas dari grafik komputer dan pengolahan
citra. Grafik
komputer itu sendiri
mempunyai banyak manfaat dan ilmu yang sangat cepat berkembang dalam perkembangan zaman saat ini dan mungkin masa depan yang akan datang. Perkembangan ini didukung oleh munculnya
prosesor-prosesor pada komputer yang cepat dan kartu grafik yang semakin hebat dan canggih.
Berikut ini penjelasan mengenai Ilmu Graf Komputer dan
Ilmu Pengolahan Citra. Jadi, Ilmu Graf Komputer merupakan proses untuk
menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut. Bentuk
sederhana dari grafika komputer terdiri dari grafika komputer 2D kemudian berkembang seiring perkembangan zaman menjadi grafika komputer 3D, lalu ada pemrosesan citra, dan pengenalan pola. Grafika
komputer berperan dalam visualisasi dan virtual reality. Yang dimaksud dengan Visualisasi adalah rekayasa
dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk penampilan suatu informasi. Secara umum, visualisasi dalam bentuk gambar baik
yang bersifat abstrak maupun nyata telah dikenal sejak awal dari peradaban
manusia. Sedangkan Virtual
reality adalah teknologi yang
memungkinkan seseorang melakukan simulasi terhadap suatu objek nyata dengan
menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3D)
sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini
dapat digunakan untuk peramu obat, arsitek, pekerja medis, dan bahkan orang
awam untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai
contoh, pilot dapat menggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi
penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.
Bagian dari grafika
komputer meliputi:
a)
Geometri : mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang.
b)
Animasi : mempelajari
cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan.
c)
Rendering : mempelajari algoritma untuk menampilkan efek
cahaya.
d)
Citra (Imaging) : mempelajari cara
pengambilan dan penyuntingan gambar.
Setelah itu membahas mengenai Pengolahan Citra (Image
Processing) yang merupakan
proses memperbaiki kualitas citra agar dengan mudah
diinterpretasi oleh manusia atau komputer. Teknik pengolahan citra dilakukan
dengan cara mentrasformasikan citra menjadi citra lain, seperti contoh: pemanfaatan citra (image compression).
Pengolahan citra merupakan proses awal (preprocessing) dari komputer visi. Pengelompokkan data numerik dan simbolik (termasuk
citra) dilakukan secara otomatis oleh komputer agar suatu objek dalam citra
dapat dikenali dan diinterpreasi. Pengenalan pola adalah tahapan selanjutnya
atau analisis dari pengolahan citra.
Operasi
Pengolahan Citra diantaranya:
a) Kualitas citra (image
enhacement) yang bertujuan memperbaiki kualitas citra dengan memanipulasi parameter-parameter citra.
b) Pemugaran citra (image restoration) yang bertujuan menghilangkan cacat pada citra. Perbedaannya dengan perbaikan citra
: penyebab degradasi citra diketahui.
c) Pemampatan
citra (image compression) yang bertujuan citra direpresentasikan dalam bentuk lebih kompak, sehingga
keperluan memori lebih sedikit namun dengan tetap mempertahankan kualitas
gambar (misal dari .BMP menjadi .JPG).
d) Segmentasi citra (image segmentation) yang bertujuan memecah
suatu citra ke dalam beberapa segmen dengan suatu kriteria tertentu. Berkaitan
erat dengan pengenalan pola.
e) Pengorakan
citra (image analysis) yang bertujuan menghitung besaran kuantitatif
dari citra untuk menghasilkan deskripsinya. Diperlukan untuk melokalisasi objek
yang diinginkan dari sekelilingnya.
f) Rekonstruksi
citra (image recontruction) yang bertujuan membentuk ulang objek dari
beberapa citra hasil proyeksi.
Citra ada 2 macam:
1. Citra
Kontinyu yang merupakan citra yang dihasilkan dari sistem optik yang menerima sinyal analog. Contoh: mata manusia,
kamera analog.
2. Citra Diskrit /Citra Digital yang dibentuk dari pixel-pixel yang
tergabung dalam satu kesatuan yang membentuk sebuah citra yang hanya dapat dibuka dengan komputerisasi.
Tingkatan pengolahan citra digital :
1. Operasi titik
Operasi tingkat titik adalah operasi yang memiliki hasil proses dari titik itu sendiri, tidak tergantung dengan
titik-titik lainnya. Operasi biasanya
digunakan untuk kecerahan (brightness), kontras, mengubah citra warna menjadi
greyscale, dll.
2. Operasi tingkat lokal
Operasi tingkat lokal adalah
operasi dimana hasil proses tidak dari titik itu sendiri melainkan dari
titik-titik lainnya. Contoh dari operasi
ini misalnya konvolusi, deteksi tepi, penghalusan citra, penajaman citra,
pengurangan noise, dan efek timbul (emboss).
3. Operasi tingkat global
Pada operasi tingkat global ini semua bagian citra diperhitungkan sehingga hasilnya tergantung pada karakteristik
citra secara global. Operasi ini misalnya digunakan untuk menyamakan histogram.
4. Operasi tingkat objek
Pada operasi tingkat objek ini karakterisitik citra yang meliputi ukuran, bentuk, dan intensitas
rata-rata dihitung untuk mengenali objek yang akan diproses
Dengan demikian pula terdapat perbedaan antara
grafik komputer dengan pengolahan citra yaitu dalam grafik komputer dilakukan
proses untuk menghasilkan suatu gambar dari awal dengan menggunakan komputer.
Sedangkan pengolahan citra, proses yang
dilakukan untuk menghasilkan suatu gambar, dengan menginput gambar yang ingin dihasilkan ke dalam proses pengolah
citra / gambar yang sudah tersedia sehingga mudah diinterpretasi oleh manusia
atau komputer dengan melakukan transformasi suatu citra menjadi citra baru yang
lain.
- Penerapan Ilmu Graf Komputer dan Ilmu Pengolahan Citra dalam Kehidupan Manusia Sehari-hari
1.
Contoh Grafik komputer dalam
kehidupan sehari – hari :
- Bidang hiburan,misalkan pada pembuatan sebuah film,grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik.
CONTOH KARYA
ANIMASI KARTUN DALAM
SEBUAH FILM
- Bidang Pendidikan, pada bidang pendidikan saat ini grafik komputer digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.
CONTOH GRAFIK KOMPUTER PADA POWERPOINT
- Computer Art, Computer Art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
Gambar GIMP—Aplikasi Image editing untuk digital art.
- Video Game, pada video game sebuah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven, dll.
Gambar Video game menggunakan grafika komputer. Contoh Gambar ini adalah permainan sepakbola.
2. Contoh pengolahan citra dalam kehidupan sehari – hari :
- Bidang kesehatan, pada bidang ini pengolahan citra digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.
CONTOH GAMBAR RONTGEN
- Bidang visual, pada bidang visual dapat digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain
CONTOH GAMBAR BORNEO YANG DI AMBIL OLEH SATELITE
Masih
banyak lagi penerapan-penerapan yang dapat dilakukan dengan Graf Komputer dan Pengolahan
Citra, point-point diatas merupakan salah satu penggunaan dari Graf Komputer
dan Pengolahan Citra. Dengan seiring perkembangan zaman akan lebih banyak lagi
penerapannya dalam kehidupan manusia sehari-hari menggunakan Graf Komputer dan
Pengolahan Citra.
Sumber Referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar